15 Jul 2016

Bagaimana Cara Memilih Guru Les Privat

1 Comment

Cara Memilih Les Privat

Guru les privat merupakan salah satu kebutuhan utama ari orangtua untuk kepentingan pendidikan anak – anaknya. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya penyedia jasa guru les privat, baik perorangan maupun guru les privat yang bernaung dalam institusi atau lembaga pendidikan tertentu. Selain itu, banyak pula orangtua yang memang benar – benar serius untuk menggunakan jasa guru les privat agar anaknya bisa lebih memahami dan juga mengerti mata pelajran yang diberikan di sekolah. Namun demikian, tidak semua guru privat memiliki kualitas yang baik loh. Ada juga beberapa guru privat yang hanya mengambil keuntungan materi semata tanpa memperhatikan kualitas. Karena itu pilihalh guru les privat dengan bijak.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan dan juga diperhatikan untuk memilih guru les privat dengan bijak :

Pertama, carilah dan juga pilihlah guru les privat yang berdomisili di dekat rumah sebagai contoh jika anak di jakarta carilah Guru Les Privat Jakarta. Apabila domisili dari gru privat yang cenderung dekat, maka hal ini akan sangat mempermudah komunikasi antara orangtua dengan guru les privat yang membantu mendidik anaknya. Lokasi yang dekat dengan rumah juga lebih meningkatkan rasa aman dari orangtua. Orangtua akan merasa lebih tenang, karena lokasi yang dekat berarti orangtua bisa mengawasi dan juga mengontrol kegiatan belajar dari anaknya dengan guru les privat.

Tips kedua dalam memilih guru les privat yang baik adalah dengan cara melihat pengalaman mengajar dari guru privat tersebut. Usahakan anda memilih guru privat yang memang sudah memiliiki pengalaman yang banyak. Dengan pengalamannya tersebut, maka guru privat dinilai akan lebih efektif dalam mengajar dan juga dapt memahami materi – materi pembelajran dengan baik, dan tentunya tujuan utama dari les privat tersebut akan tercapai dengan baik dan juga optimal.

Ketiga, apabila ternyata guru privat tersebut tidak atau belum memilik pengalaman mengajar, maka cobalah untuk melihat kompetensi dan juga disiplin ilmu dari guru privat tersebut. Contohnya adalah, anda membutuhkan les privat matematika untuk anda. Maka, anda haruslah mencari guru privat yang memang mengerti matematika dengan baik, seperti mahasiswa yang kuliah di Jurusan MIPA, atau lulusan SMA yang memiliki nilai matematika yang tinggi. Dan juga, ada baiknya sebelum memutuskan untuk memilih, anda dapat mengetes guru privat tersebut untuk menguji apakah guru privat tersebut kompeten atau tidak, meskipun belum memiliki pengalaman.

Tips keempat, jangan terlalu terfokus pada besar kecilnya biaya yang ditawarkan oleh guru les privat. Ingat, uang bukanlah segalanya, jadi jangan terlalu berpatokan pada mahal murahnya biaya yang ditawarkan. Belum tentu dengan harga mahal, anda akan mendapatkan layanan jasa guru les privat yang kompeten dan juga bermanfaat bagi anak anda. Dan begitu pula sebaliknya, dengan harga dan biaya yang lebih murah, belum tentu guru les tersebut memiliki kompetensi yang buruk dan tidak bisa mengajar dengan baik.

Yang kelima, sesuaikan budget anda dengan biaya dari guru privat. Janganlah memaksakan diri anda. Apabila kondisi keuangan anda tidak cukup untuk menggunakan layanan jasa guru privat, maka jangan memaksakan diri. Anda bisa menempatkan anak anda pada kelas les yang reguler. Karena memang sudah menjadi rahasia umum, bahwa biaya dari guru les privat pasti lebih tinggi dimandingkan reguler, karena guru les privat lebih fokus kepada murid yang lebih sedikit, sehingga dinilai lebih optimal.

Itulah kelima tips penting yang harus anda perhatikan ketika ingin menggunakan layanan jasa guru privat untuk anak anda. Semoga tips memilih guru privat dengan bijak ini dapat bermanfaat bagi anda.

[top]
About the Author


One Response to Bagaimana Cara Memilih Guru Les Privat
  1. Asyiknya Belajar Melalui Bimbingan Guru Les Private – Belajar adalah kewajiban sekaligus kebutuhan para pelajar untuk meningkatkan prestasinya.


[top]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SSL Certificate