15 Jul 2016

Keuntungan dan Kelebihan Les Privat

0 Comment

Keunggulan Les Privat

Dalam suatu pembelajaran, keberhasilan seorang anak memahami sebuah pelajaran didukung oleh hal-hal yang berbeda. Ada beberapa anak yang tanpa perlu banyak bantuan akan secara otomatis mengeksplor seluas-luasnya mengenai sebuah ilmu. Tipe anak seperti ini memiliki karakteristik keingintahuan yang besar, bila diberi sebuah pengetahuan akan cenderung bertanya terus menerus kepada sumbernya bahkan tidak jarang hal itu menjadi sebuah pemikiran tersendiri baginya. Terkadang tidak hanya sehari saja pembicaraannya soal pengetahuan itu tetapi bisa berhari-hari. Dia akan terus mengeksplor. Biasanya anak dengan tipe seperti ini tertarik dengan banyak hal. Akan tetapi, tidak sedikit anak yang memiliki rasa keingin tahuan yang begitu minim hingga terkesan cuek bahkan dengan hal-hal yang sedang booming di sekitarnya. Tipe anak yang satu ini cenderung mudah bosan.

Di tengah berbagai tantangan mengenai kemajuan IPTEK dan perkembangan biologis serta psikologis anak yang dikelilingi berbagai hal yang belum tentu baik, banyak orang tua menjadikan les privat sebagai pengalih perhatian dan energi berlebih yang timbul sebagai dampak perkembangan buah hati mereka. Berbagai les privat itu diberikan kepada anak-anak mereka sepulang sekolah mulai dari les privat pelajaran sekolah maupun pelajaran tambahan seperti bahasa asing dan seni. Bahkan beberapa orang tua mengakui tidak memberikan waktu bermain bagi anak-anak mereka dan menyuruh mereka untuk mengikuti setiap les yang sudah diperjanjikan sebelumnya antara orang tua dengan tentor yang akan mengajar si anak.

Berbagai potret nyata yang dituangkan penulis dalam tulisan ini menimbulkan satu pertanyaan. Sebaik apakah efek diberikannya waktu les privat bagi anak-anak mereka? Keefektifan jalannya les Privat tidak bisa ditentukan hanya oleh tentor terbaik yang memiliki segudang ilmu dan jam terbang yang tinggi serta pamor yang sudah sampai di telinga penduduk pelosok desa. Meskipun orang tua sudah menyewa jasa tentor terbaik dari sisi materi dan soft skill (berupa kemampuan pendekatan dengan anak) tetapi faktor kemauan dari dalam diri anak memegang peranan besar dalam keberhasilan penyampaian materi dalam suatu les privat.

Tidak peduli seberapa kondusif lingkungan eksternal, bila kondisi internal anak tidak menginginkan untuk les privat, akan percuma saja rata-rata waktu 1,5 jam yang disediakan tentor untuk berbagi dengan anak didiknya. Hal ini terkadang tidak dipertimbangkan oleh para orang tua, cenderung tidak mau berkomunikasi dengan anak-anak mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk menyewa jasa tentor les privat. Beberapa orang tua cenderung berpikir bahwa dengan berkomunikasi dengan anak mengenai tambahan les privat baik itu untuk pelajaran di sekolah maupun bukan akan mengalami penolakan oleh si anak karena ingin menghabiskan waktu dengan kegiatan lainnya. Terkadang, ‘kegiatan lainnya’ ini dipersepsikan orang tua sebagai kegiatan yang buruk dan orang tua cenderung berpikir terlalu jauh bahwa anak mereka akan terjerumus pada hal-hal negatif. Singkatnya, orang tua sendiri masih ada yang susah memberikan kepercayaan pada anaknya.

Les privat tidak selamanya menjadi alternatif terbaik bagi setiap orang tua atas problema yang mungkin dihadapi berkaitan dengan tumbuh kembang buah hatinya. Memang tidak semua anak mau dan mampu belajar sendiri, mengeksplorasi pengetahuan dengan keinginan dari dalam diri sendiri. Akan tetapi, les privat tidak bisa selamanya menjamin bahwa aktivitas ini menjadi the one and only choice untuk menyelamatkan perkembangan anaknya dari hal-hal negatif yang mungkin mengintai. Campur tangan orang tuanya sendirilah yang menjadi faktor pembentuk serta pendukung perkembangan baik dari segi biologis maupun psikologis anak.

[top]
About the Author


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SSL Certificate